Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

RSS

Sejarah Musik Blues

oleh Molluca Blues Community pada 22 Juli 2010 jam 17:49
Sejarah Musik Blues

Blues adalah sebuah aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat (AS).

Musik blues berangkat dari musik-musik spiritual dan pujian yang muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika di AS. Penggunaan blue note dan penerapan pola call-and-response (di mana dua kalimat diucapkan/dinyanyikan oleh dua orang secara berurutan dan kalimat keduanya bisa dianggap sebagai "jawaban" bagi kalimat pertama) dalam musik dan lirik lagu-lagu blues adalah bukti asal usulnya yang berpangkal di Afrika Barat. Di era kini banyak Blues Lovers lahir. Mereka menyimak, belajar, menulis, memainkan, dan bikin album. Musik blues mempunyai pengaruh yang besar terhadap musik populer Amerika dan Barat yang baru, seperti dapat terlihat dalam aliran ragtime, jazz, bluegrass, rhythm and blues, rock and roll, hip-hop, dan country, serta lagu-lagu pop konvensional.

Blues adalah nama yang diberikan kepada musik genre yang diciptakan terutama dalam komunitas Afrika-Amerika di Deep South Amerika Serikat pada akhir abad ke-19.

Genre blues didasarkan pada bentuk blues tetapi memiliki karakteristik lain seperti lirik tertentu, garis bass dan instrumen. Blues dapat dibagi lagi menjadi beberapa subgenre mulai dari satu negara ke blues perkotaan yang lebih atau kurang populer selama periode yang berbeda dari abad ke-20. Paling dikenal adalah Delta, Piedmont, dan blues gaya Chicago. Perang Dunia II menandai transisi dari akustik untuk blues listrik dan pembukaan progresif musik blues ke khalayak yang lebih luas. Pada tahun 1960-an dan 1970-an, suatu bentuk hibrida yang disebut blues rock berevolusi.

Istilah "blues" mengacu pada "setan biru", yang berarti melankolis dan kesedihan; penggunaan awal istilah ini dalam pengertian ini ditemukan dalam sandiwara satu babak George Colman's Blue Devils (1798). Meskipun penggunaan kalimat dalam musik Amerika Afrika mungkin lebih tua, telah dibuktikan sejak 1912, ketika Hart Wand's "Dallas Blues" menjadi hak cipta pertama blues komposisi. lyrics frase sering digunakan untuk menggambarkan depresi suasana hati .

Di era blues modern nama Riley B. King (16 September 1925) atau lebih popular dengan nama BB King sangat berpengaruh di dunia musik blues. BB King adalah penyanyi, gitaris dan penulis lagu blues yang dikenal dengan penampilan ekspresif serta permainan gitarnya yang luar biasa.

Pujian kritis, popularitas dan reputasinya yang luar biasa mungkin menjadikannya sebagai musisi blues yang paling dihormati, sukses, dan paling dikenal. Majalah Rolling Stone menempatkannya di peringkat 3 dari “100 geatest guitarist of all time”.

Dalam karirnya BB King telah memenangkan beberapa Grammy Awards dan penghargaan lain. Setidaknya 15 videografi (album) telah dihasilkan sejak 1960-2004.

ohn Lee Hooker (22 Agustus 1917) adalah salah satu musisi, penulis lagu dan gitaris blues hebat lainnya. Dia dikenal memiliki cirri khas unik yang mirip dengan Delta Blues. ‘Half-spoken style’ bahkan menjadi trademark John Lee Hooker. Salah satu lagunya yang sangat terkenal adalah Boogie Chillen (1948) dan Boom Boom (1962).
· Komentari · Bagikan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar